Minggu, 04 Desember 2016

Cara Membuat Bantal Dari Kain Flanel

        Anda suka denga dasar jenis flanel? Namun bingung mengkreasiannya agar menjadi barang yang berguna ? Kain flanel memang menarik dan memiki beragam warna yang cerah, tak ada salahnya jika anda berkreasi dengan menggunakan kain flanel untuk membuat bantal. Selain berguna untuk diri anda, hal tersebut juga dapat menjadi peluang bisnis bagi anda karena bantal yang terbuat.

         Anda suka denga dasar jenis flanel? Namun bingung mengkreasiannya agar menjadi barang yang berguna? Kain flanel memang menarik dan memiki beragam warna yang cerah, tak ada salahnya jika anda berkreasi dengan menggunakan kain flanel untuk membuat bantal.

        Selain berguna untuk diri anda, hal tersebut juga dapat menjadi peluang bisnis bagi anda karena bantal yang terbuat dari kain flanel saat ini sangat digemari, terutama dikalangan ibu–ibu. Untuk membuat bantal dari kain flanel sangat mudah.Siapkan lat dan bahannya terlebih dahulu.

Alat dan bahan :

1. Kain flanel

Anda dapat menggunakan kain flanel lebih dari satu warna untuk mempercantik bantal anda. Semakin banyak warna yang digunakan akan semakin menarik.

2. Gunting

Gunakan gunting yang tajam sehingga tidak merusak serat kain flanel.

3. Jarum pentul

Jarum pentul berguna untuk mengaitkan kedua sisi bantal sebelum dijahit.

4. Dacron

Dacron adalah dalaman atau isi bantal agar bantal menjadi empuk. Bahan ini mulai digemari saat ini karena bantal yang berisi dacron dapat dicuci.

5. Mesin jahit/Jarum dan benang jahit

Mesin jahit berguna untuk menjahit kain flanel, namun jika anda memilih untuk menjahit bantal dengan menggunakan tangan siapkan jarm dan benang jahit (sebaiknya satu warna dengan warna kain flanel). Untuk hasil yang rapi, lebih baik anda menggunakan mesin jahit.
Setelah semua bahan dan alat telah siap, sekarang anda dapat memperhatikan langkah-langkah berikut untuk membuat bantal dari kain flanel.

Cara :

1. Ukur kain flanel sesuai dengan keinginan anda dan sisakan kurang lebih 2 cm untuk mepermudah anda ketika menjahit.

2. Gunting kain flanel berbentuk 2 persegi sama panjang dengan ukuran yang sudah anda tentukan, jika anda ingin membuat ukuran 25 cm X 25 cm, maka gunting kain flanel dengan ukuran 27cm X 27 cm.

3. Setelah digunting, satukan kedua belah kain flanel tersebut mengunakan jarum pentul.

4. Jahit kedua belah belah kain flanel tersebut agar menajdi satu bagian, sisakan kurang lebih 3-4 cm kain flanel yang tidak dijahit. Bagian yang tidak dijahit tersebut akan digunakan sebagai lubang untuk memasukka dakron ke dalam bantal.

5. Setelah kedua kain dijahit, baliklah permukaan kain flanel melalui lubang yang tadi telah disiapkan.

6. Kemudian setrika empat ujung kain flanel tersebut agar rapi, setelah disetrika potong empat ujung tersebut.

7. Setelah ujung-ujungnya di potong balik lagi kain flanel seperti permukaan yang pertama tadi.

8. Isi bantal menggunakan dakron yang tadi telah disipkan dan isi bantal sampai penuh semua bagiannya.

9. Setelah dirasa cukup penuh isi bantal tersebut, jahit lubang tadi menggunakan tangan, usahakan benang jahit tidak kelihatan agar terlihat rapi.

10. Bantal dari kain flanel pun sudah selesai dibuat


     Bantal yang terbuat dari flanel pun cukup mudah cara merawatnya. Jika jika bantal yang terbuat dari kain flanel anda kotor anda dapat mencucinya dengan cara merendamnya menggunakan deterjen dan bersihkan kotorannya menggunakan sikat lembut atau spons. Jangan pernah mencuci bantal dari kain flanel anda menggunakan mesin cuci, karena hal tersebut akan merusak tekstur dari kain flanel. Dan jangan menjemurnya dibawah sinar matahari jika terkena air, cukup dikeringkan saja menggunakan tisu atau diangin-anginkan menggunakan kipas angin.

Sumber : 
http://carageek.com/rumah-tangga/cara-membuat-bantal-dari-kain-flanel/332/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar